Tuesday, September 11, 2007

Let’s Build Business

Terkadang kita bingung ketika ingin berbisnis. Punya modal tetapi tidak tahu jenis bisnis apa yang ingin kita dirikan. Atau kita punya ide tetapi terbentur pada masalah pendanaan. Yang lebih parah lagi kita ingin punya bisnis tetapi tidak punya modal dan ide :) ditambah lagi kebingungan bagaimana nanti mengelolanya. Namun yang jelas modal awal untuk memulai bisnis adalah keinginan dan kemauan yang kuat untuk memulainya meskipun kita belum punya modal atau bahkan sebuah ide. Dan sekarang mari kita bahas satu persatu kendala yang sering kita hadapi (juga termasuk saya) ketika ingin memulai bisnis.

Ide Bisnis
Kunci sukses berbisnis adalah memilih sebuah bisnis yang kita benar-benar senang melakukannya. Jika kita benci mengerjakan sesuatu tak peduli berapa besar potensi laba yang dimilikinya maka kita tak akan bisa mencurahkan diri secara penuh padanya dan ini berpotensi meruntuhkan bisnis kita sendiri. Atau ketika kita tertarik dengan sebuah model bisnis tetapi kita tidak tahu sama sekali tentang bisnis tersebut, itu bukanlah suatu masalah yang besar. Ketertarikan kita tersebut merupakan modal yang cukup untuk memulainya. Kita bisa mulai belajar dari orang yang berpengalaman ataupun mencari literatur dan referensi dari sumber manapun. Internet adalah salah satu gudangnya.

Modal Bisnis
Ide bisnis sudah ketemu, sekarang kita memikirkan pendanaannya. Ini tak masalah bagi Anda yang mempunyai cukup modal. Tetapi bagaimana dengan orang-orang yang terbentur pada masalah modal ini. Banyak diantara kita yang akhirnya mundur untuk berbisnis gara-gara masalah ini. Memang setiap bisnis memerlukan modal. Tidak hanya berbentuk materi tetapi juga keinginan, ide, tekad, keahlian dan peluang adalah juga merupakan modal awal yang penting. Bila kita sudah memiliki modal awal tersebut kita harus mencari investor untuk pendanaannya. Ini juga memerlukan usaha yang keras dan semuanya tergantung pada Anda. Bila Anda mempunyai ide yang bagus, keahlian dan pengalaman yang memadai serta lobi yang baik, tahap ini akan mudah dilewati dan bahkan ada sebagian orang yang investornya datang sendiri mencari Anda. Ini seperti yang dialami teman saya sekampus. Dia punya keahlian dan pengalaman bekerja di bidang pendidikan. Dia mempunyai ide untuk membuka lembaga pendidikan sendiri. Tiba-tiba suatu hari pamannya menawarkan modal untuk mewujudkan idenya. Suatu peluang dan keberuntungan yang tidak boleh disia-siakan.

Manajemen Bisnis
Bingung bagaimana mengelola bisnis yang akan kita mulai? Bagaimanapun kalau kita ingin berbisnis, kita dituntut untuk bisa mengelolanya. Kita harus belajar dari orang yang berpengalaman dan mempunyai referensi yang baik. Kalau bisa, kita dapat merekrut orang yang mempunyai keahlian yang memadai di bidang bisnis kita. Jika kita tidak mau mencoba maka kita tidak akan tahu kelemahan dan kesalahan kita. Dari situlah kita bisa belajar dan dapat memperbaiki diri.
Bila Anda mau, Anda bisa memanfaatkan konsultan bisnis yang dapat membantu mewujudkan bisnis Anda, dari menemukan ide, membantu mencarikan investor sampai membantu Anda dalam mengelolanya.
Selain itu, ada solusi lain yang juga sangat membantu. Waralaba atau kita lebih mengenalnya dengan istilah franchise. Dengan sistem franchise, kita dapat mengkopi ide bisnis orang lain (tetapi berlisensi dari si empu ide), kita bisa membangun bisnis dengan nama yang sama (yang notabene pasti sudah terkenal dan ini merupakan awal yang baik) dan bahkan kita tidak perlu dipusingkan bagaimana mengelolanya karena sistem pengelolaannya turut juga dikopi.

So, tunggu apalagi. Jangan sia-siakan waktu dan ide Anda. Let’s build business. Good Luck.

0 comments:

Post a Comment


Original Template by Isnaini Dot Com :: Edited by Amkhalis