Friday, October 12, 2007

Google AdSense, Hasilkan Dolar dari Situs Anda

Melanjutkan posting sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa sumber penghasilan utama sebuah situs atau blog adalah salah satunya dari iklan. Dengan semakin banyaknya pihak ketiga yang menjembatani antara pemasang iklan dan website, kita semakin mudah mengkomersilkan website kita tanpa perlu mencari advertiser dan bahkan bisa dilakukan oleh sebuah website yang belum terkenal. Salah satu pihak ketiga tersebut adalah Google AdSense.

Google AdSense
merupakan sebuah program yang memungkinkan pemilik website untuk mendapatkan pemasukan dari iklan yang ditampilkan pada websitenya. Ia adalah sebuah ad network yang sudah sangat popular bagi para webmaster dan cenderung menjadi syarat yang harus ada untuk dapat optimal menghasilkan uang dari website atau blog. Google AdSense juga sangat mudah diimplementasikan, tanpa modal apapun terkecuali sebuah website dan trafik. Google menampilkan iklan di situs kita berupa teks dan gambar dengan menggunakan sistem kontekstual, dengan kata lain iklan yang tampil sesuai atau relevan dengan isi halaman dimana iklan Google tersebut dipasang.

Dari Mana Kita Mendapatkan Uangnya?
Secara garis besar, kita dapat menghasilkan uang dari Google AdSense ketika pengunjung website kita mengklik iklan yang ditampilkan olehnya. Nilai uang yang diterima pada setiap klik adalah tidak sama. Satu yang pasti, semakin banyak pengunjung website atau blog kita, semakin banyak kemungkinan mereka mengklik iklan tersebut sehingga semakin besar pula penghasilan yang kita dapat. Cara pembayarannya dilakukan melalui cek setelah mencapai minimal USD100. Namun yang harus diingat, Google sangat ketat mengawasi adanya fraud click, klik yang disengaja atau sebuah arisan klik, dimana resikonya adalah penghentian keanggotaan dan pembatalan semua pendapatan yang diperoleh.

Bagaimana Cara Kerjanya?
Sebelum kita mendaftar sebagai publisher Google AdSense, kita setidaknya telah memenuhi syarat-syarat yang diperlukan. Website tidaklah harus berupa website besar atau menggunakan layanan hosting profesional. Sebuah website pribadi atau blog pada hosting gratisan seperti blogger dapat juga bisa dipasang Google AdSense. Syarat lainnya yang tidak kalah penting adalah penggunaan bahasa dalam website kita. Penggunaan Bahasa Indonesia sudah dapat diterima, tetapi fitur yang diberikan belum penuh, hanya fitur Adsense for Search dan tidak termasuk iklan teks dan bergambar. Jadi, sebisa mungkin gunakan bahasa Inggris (atau kombinasi dengan bahasa Indonesia) untuk dapat memanfaatkan seluruh fiturnya.

Untuk mendaftar sangatlah mudah. Kita hanya perlu mengunjungi situsnya, dan mengikuti intruksinya dengan baik. Setelah aplikasinya terkirim, kita tinggal menunggu email balasan setelah 1 sampai 3 hari kerja. Jika aplikasi kita diterima, kita bisa langsung mengikuti langkah selanjutnya seperti yang diinformasikan dalam email dan login untuk mendapatkan kode Javascript dari iklan Google yang dapat kita tempatkan pada website atau blog kita. Namun jika ditolak, perhatikanlah alasan penolakan dan cobalah untuk menyesuaikannya. Setelah itu kita coba untuk dapat mendaftar kembali.

Daftar Google AdSense
Tutorial Google AdSense

4 comments:

Anonymous said...

hmmm...

blom sampe sini ilmu saiia :P

edylaw said...

bahasa bule saya sangat berantakan kalo harus posting pake bhs bule bingung juga :D

Anonymous said...

hello... hapi blogging... have a nice day! just visiting here....

Unknown said...

g nyambung sama artikel, cm mau nanya, gimana cara ngenalin situs ptc yg bner2 mau kasi duit k member nya?

soalnya kadang2 kan tawaran duitnya gede tu, tp beneran g tu?

misal 247payout ato bubble mail

Post a Comment


Original Template by Isnaini Dot Com :: Edited by Amkhalis