Friday, October 5, 2007

Sambil Blogging Minum Dolar

Sambil blogging minum dolar? Tidak ada yang salah dengan judul di atas. Sebagian dari kita sudah banyak yang tahu tentang make money by blogging, menghasilkan uang dari sekedar hobi ngeblog atau bahkan menjadikan ngeblog sebagai sumber penghasilan utama. Bagaimana tidak mungkin, sudah banyak para bloggers Indonesia yang sudah menghasilkan ratusan bahkan ribuan dolar per bulan berkat hobinya tersebut.

Bagaimana sebuah blog dapat menghasilkan uang?
Sebuah blog yang sukses adalah blog yang mempunyai pembaca setia dan informasi yang diberikan menarik dan bermanfaat bagi pengunjungnya. Semakin banyak pengunjung mengindikasikan semakin sukses blog tersebut. Mengapa harus demikian? Sebuah informasi tanpa pengunjung bisa dikatakan sia-sia dan tanpa pengunjung tidaklah berjalan tujuan mengkomersilkan sebuah blog. Biasanya sumber pendapatan utama sebuah blog adalah dari iklan atau menjual barang, karena itulah traffic blog yang tinggi sangat menunjang untuk mendapatkan penghasilan tersebut.

Sebuah blog yang sudah terkenal dan memiliki nama besar cenderung lebih mudah mendapatkan customer pemasang iklan. Hal ini wajar saja, mengingat setiap pemasang iklan tidak mau membuang uang dengan percuma untuk memasang iklan pada blog yang tidak populer. Namun, dengan semakin banyaknya pihak ketiga yang menjembatani antara pemasang iklan dan sebuah website atau sering disebut dengan ad networks seperti Google AdSense, kita semakin dimudahkan untuk mengkomersilkan blog kita dengan menjadi publisher dari layanan tersebut. Bahkan ini bisa dilakukan oleh sebuah blog yang belum mempunyai trafik yang tinggi. Tetapi tentu saja selama trafik kita masih rendah, penghasilan dari blog kita juga belum maksimal. Tidak hanya menjadi publisher, blog kita juga dapat menghasilkan uang dengan menjadi afiliasi dari sebuah situs e-commerce dengan menawarkan produk atau dagangan mereka melalui blog kita.

Bagaimana memulai mengkomersilkan sebuah blog?
Tentu saja kita harus mempunyai blog terlebih dahulu :). Blog ini bisa memakai nama domain sendiri dan hosting berbayar atau yang paling mudah menggunakan layanan gratisan seperti Blogger. Mulailah dengam sebuah blog dengan topik yang kita minati dan bersifat niche (bertema khusus) karena blog seperti itu biasanya akan mempunyai pembaca yang setia dan kita lebih terfokus dan enjoy dalam mengupdatenya. Setelah itu kita melakukan optimalisasi pada search engine atau lebih dikenal dengan Search Engine Optimization (SEO) dan mempromosikan blog kita. Seiring dengan itu, kita dapat mengajukan diri sebagai publisher pada salah satu ad networks seperti Google AdSense atau menjadi afiliasi dari situs e-commerce tertentu.

1 comments:

Gadis said...

baru mo coba nich :) jd freelance

Post a Comment


Original Template by Isnaini Dot Com :: Edited by Amkhalis