Tuesday, October 2, 2007

GetAFreelancer, Bursa Freelance Work Online

Pernahkah Anda berpikir untuk menghasilkan uang sebagai tenaga lepas atau freelancer? Freelance work bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk menambah uang saku atau bahkan bisa dijadikan sumber penghasilan utama jika kita menekuninya dengan serius dan profesional. Jenis pekerjaan ini pada umumnya berupa project yang kita laksanakan tanpa harus terikat penuh pada perusahaan atau individu pemberi project. Skill atau kemampuan pada bidang tertentu merupakan syarat untuk mendapat kepercayaan melaksanakan project tersebut. Cukup banyak bidang pekerjaan sebagai freelancer, misalnya designer, drafter, programmer, web developer, copywriter dan sebagainya.

Mendapatkan freelance work gampang-gampang susah lho. Seringkali project yang kita dapat berasal dari penawaran langsung dari pemberi project yang telah yakin dengan skill kita atau kita harus melakukan penawaran secara aktif untuk mendapatkannya. Tetapi dengan kemudahan yang diberikan oleh dunia internet, sekarang sudah cukup banyak situs penyedia freelance work. Situs tersebut biasanya adalah hanya sebagai bursa atau broker tempat bertemunya freelancer dengan pemberi project. Situs tersebut memberikan banyak pilihan project sesuai dengan skill kita dan melaksanakannya tanpa harus terikat tempat. Nilai projectnya bervariasi, dari project yang bernilai beberapa dolar hingga ratusan dan bahkan ribuan dolar. Lumayan kan penghasilan yang didapatkan tanpa harus menjadi korban scam :).

Salah satu bursa freelance work online adalah GetAFreelancer. Situs ini memberikan pilihan project yang sangat banyak dan dilengkapi dengan skill yang dibutuhkan pada tiap project beserta nilainya. Pada umumnya, project yang ditawarkan berkaitan dengan, tetapi tak terbatas pada, bidang IT seperti software development, design grafis, web development, copywriting dan sebagainya.

Pendaftaran sebagai freelancer provider adalah gratis. Bagi yang pemula diberikan fitur yang memungkinkan untuk melaksanakan project dengan tujuan untuk membangun track record dan rating yang baik. Selain itu mereka memberikan fitur pemberitahuan lewat email mengenai project-project yang baru dipost. Untuk setiap project yang kita selesaikan, kita akan dikenakan fee 10% oleh GetAFreelancer terkecuali keanggotaan jenis gold yang saat ini hanya dikenakan biaya bulanan USD10. Sistem pembayarannya pun mudah, dapat melalui Paypal, cek, e-gold, moneybookers ataupun kartu debit.

Bagaimana mendapatkan sebuah project? Untuk itu, kita harus mengajukan penawaran harga dalam range yang telah ditentukan. Memang kita akan bersaing dengan penawar-penawar lainnya, tetapi jika kita mempunyai pengalaman dan portfolio yang bagus, kita akan berkemungkinan untuk mendapatkannya. Bukan berarti yang tidak mempunyai pengalaman pasti akan tersingkir. Skill, kepercayaan diri, pemenuhan tenggat waktu dan kualitas dengan sedikit lobi dapat dijadikan modal untuk kemenangan :).

Daftar GetAfreelancer (ref)

1 comments:

dwi ayu said...

saya masih pemula,dan saya baru saja daftar di website itu ,,
boleh ga minta bantuan informasi yg lebih tntg gmn caranya kita dapaet projectnya,,
apa yang harus kita lakukan pertama kali,,trima kasih,,sebelumnya...

Post a Comment


Original Template by Isnaini Dot Com :: Edited by Amkhalis