Wednesday, September 19, 2007

Apakah dan Bagaimana Making Money Online

Tidak semua orang tahu apakah itu making money online. Bagaimana kita melakukannya? Apakah yang harus dipersiapkan? Apakah ini benar-benar bisa menghasilkan uang? Mungkin diantara kita sudah ada yang paham dan pernah berkecimpung dalam jenis bisnis ini. Tulisan ini hanyalah berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya untuk sekedar berbagi pada sebagian orang yang masih pemula dan coba-coba untuk menghasilkan uang dalam aktifitas onlinenya. Bagi yang sudah berpengalaman dan bahkan berhasil, siapa tahu ada yang bisa disampaikan atau ditambahkan dalam tulisan ini.

Begitu banyak jenis making money online, ada yang bersifat investasi, program get paid to, publisher, multi level marketing dan juga online working. Mungkin ada ribuan bahkan jutaan situs yang memberikan kesempatan tersebut, dari yang masih eksis sampai yang sudah tidak beroperasi lagi sekarang. Dan begitu banyak juga situs-situs yang merugikan anggota atau nasabahnya, baik yang berkedok investasi, tidak membayar dan bahkan melarikan uang anggotanya, atau di dalam jenis bisnis ini lebih dikenal dengan istilah program atau situs yang scam. Namun dari sekian banyak situs jenis ini, tidak seluruhnya lho scam. Telah banyak orang yang berhasil dan mengumpulkan ratusan dan bahkan ribuan dolar dalam sebulan, lihat saja John Chow atau Bung Cosa dan netpreneur-netpreneur lainnya.

Apakah money making online hanya terpaku pada program-program yang disediakan oleh situs tertentu? Tentu saja tidak. Kita bisa membangun bisnis sendiri. Baik itu menjual produk kita sendiri atau produk orang lain dengan sistem reseller atau afiliasi, menjual jasa atau membuka sebuah toko online. Inilah sebuah bisnis yang dinamakan e-commerce. Lihatlah google yang didirikan oleh Sergey Brin dan Larry Page atau bhinneka yang menjual peralatan dan aksesoris komputer. Kadang kita berpikiran sudah terlambat untuk memulainya, tetapi apakah juga terlambat kalau kita membuka bisnis warnet di lokasi lain padahal sudah banyak orang yang membuka warnet?

Bagaimanakah pendapat dan pengalaman Anda? :)

0 comments:

Post a Comment


Original Template by Isnaini Dot Com :: Edited by Amkhalis