Wednesday, September 26, 2007

Tips Memilih Franchise

Ketika kita berniat membuka usaha dengan sistem franchise atau waralaba, kita jangan cepat tergoda dengan umbar janji akan mendapatkan keuntungan cepat tanpa mempunyai sikap waspada terhadap perusahaan pewaralaba tersebut. Jangan biarkan kita sampai salah dalam memilih waralaba karena kerugian dalam investasi ini sangat mungkin terjadi.

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui ketika hendak memilih sebuah waralaba:

Memilih jenis waralaba yang sesuai minat
Kunci sukses berbisnis adalah memilih sebuah bisnis yang kita benar-benar senang melakukannya. Jika kita benci mengerjakan sesuatu tak peduli berapa besar potensi laba yang dimilikinya maka kita tak akan bisa mencurahkan diri secara penuh padanya dan ini berpotensi meruntuhkan bisnis kita sendiri. Pekerjaan yang kita senangi akan membuat kita termotivasi dan dapat bertahan lama.

Mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan pewaralaba
Ini merupakan hal penting yang harus kita lakukan sebelum memutuskan memilih sebuah perusahaan pewaralaba. Kita jangan merasa cukup dengan informasi singkat yang menggiurkan dari pewaralaba. Track record, umur bisnis, produk, fee, sistem pengembangan dan lain sebagainya adalah informasi yang kita butuhkan untuk menilai perusahaan tersebut. Adanya rencana bisnis jangka panjang dari mereka adalah hal yang penting demi kelangsungan bisnis kita.

Fasilitas dan dukungan yang diberikan
Hal ini perlu diketahui bagaimana perusahaan pewaralaba memberikan dukungannya kepada terwaralaba. Bentuk dan apa saja pelatihan yang diberikan, sistem transfer manajemennya, pelatihan karyawan, suplai barang/jasa, pembagian hasil dan strategi pemasarannya.

0 comments:

Post a Comment


Original Template by Isnaini Dot Com :: Edited by Amkhalis